Single post

Lesson 2 : ACTIVITIES

TASK 1: CREATE THE TWO ACTIVITIES PROJECT

Dalam bab ini Anda akan membuat dan membangun aplikasi bernama TwoActivities yang, ternyata, berisi dua aktivitas. Aplikasi ini akan dibangun dalam tiga tahap. Pada tahap pertama, buat aplikasi yang aktivitas utamanya hanya berisi satu tombol (Send). Saat pengguna mengeklik tombol ini, aktivitas utama menggunakan intent untuk memulai aktivitas kedua. Dalam bab ini Anda akan membuat dan membangun aplikasi bernama TwoActivities yang, ternyata, berisi dua aktivitas. Aplikasi ini akan dibangun dalam tiga tahap. Pada tahap pertama, buat aplikasi yang aktivitas utamanya hanya berisi satu tombol (Send). Saat pengguna mengeklik tombol ini, aktivitas utama menggunakan intent untuk memulai aktivitas kedua. Pada tahap terakhir aplikasi TwoActivities, tambahkan tampilan EditText dan tombol Reply ke aktivitas kedua. Sekarang pengguna bisa mengetik pesan balasan dan mengeklik Reply, dan balasannya ditampilkan di aktivitas utama. Pada titik ini, gunakan intent di sini untuk meneruskan pesan balasan kembali dari aktivitas kedua ke aktivitas utama.

Membuat New Project dan beri Aplication Name dengan nama Two Acitivities 

Kemudian Memilih Empty Acivity untuk memilih layar pembuatan aktivitas

Mendefinisikan Layout untuk aktivitas Utama

Implementasi ke dalam Android Studio

Hasil Running

Mendefinisikan tindakan tombol

Implementasi ke dalam Android

TASK 2 : Create and launch the second activity

          Setiap aktivitas baru yang Anda tambahkan ke proyek memiliki layout dan file Java-nya sendiri, terpisah dari milik aktivitas utama. Aktivitas tersebut juga memiliki elemen <activity> sendiri dalam manifes Android. Seperti aktivitas utama, aktivitas baru yang Anda buat di Android Studio juga meluas dari kelas AppCompatActivity. Semua aktivitas di aplikasi terhubung secara longgar dengan satu sama lain. Namun, Anda dapat mendefinisikan sebuah aktivitas sebagai induk dari akti lain dalam file AndroidManifest.xml. Hubungan induk-anak ini memungkinkan Android untuk menambahkan petunjuk navigasi seperti panah yang menghadap ke kiri pada bilah judul untuk setiap aktivitas. Aktivitas berkomunikasi dengan satu sama lain (di dalam aplikasi yang sama dan di berbagai aplikasi yang berbeda) dengan intent. Ada dua tipe intent, eksplisit dan implisit. Intent eksplisit adalah intent yang targetnya Anda ketahui. Anda sudah mengetahui nama kelas yang sepenuhnya memenuhi syarat dari aktivitas spesifik tersebut. Intent implisit adalah intent yang nama komponen targetnya tidak Anda ketahui, namun memiliki tindakan umum untuk dikerjakan. Anda akan mempelajari tentang intent implisit pada praktik berikutnya. Pada tugas ini Anda akan menambahkan aktivitas kedua pada aplikasi, dengan layout-nya sendiri. Anda akan memodifikasi manifes Android untuk mendefinisikan aktivitas utama sebaga induk aktivitas kedua. Lalu Anda akan memodifikasi metode kejadian onClick dalam aktivitas utama untuk menyertakan intent yang meluncurkan aktivitas kedua saat tombol diklik.

Membuat aktivitas kedua

 

 

Memodifikasi manifes Android

Implementasi ke dalam Android Studio

Mendefinisikan layout untuk aktivitas utama

Implementasi ke dalam Android Studio

Hasil

Menambahkan intent ke aktivitas utama

Hasil Running 

 

TASK 3 : Mengirim data dari aktivitas utama ke aktivitas kedua

          Objek intent dapat meneruskan data ke aktivitas target dalam dua cara: dalam bidang data, atau dalam ekstra intent. Data intent adalah URI yang menandakan data spesifik untuk dikerjakan. Jika informasi yang ingin diteruksan ke aktivitas melalui intent bukan URI, atau jika Anda memiliki lebih dari satu informasi yang ingin dikirimkan, Anda bisa meletakkan informasi tambahan tersebut ke dalam ekstra intent. Ekstra intent adalah pasangan kunci/nilai dalam Bundel. Bundel adalah kumpulan data, yang disimpan sebagai pasangan kunci/nilai. Untuk meneruskan informasi dari satu aktivitas ke yang lainnya, letakkan kunci dan nilai ke dalam bundel ekstra intent dari aktivitas mengirim, dan keluarkan lagi ke aktivitas menerima.

Menambahkan EditText ke layout aktivitas utama

Implementasi ke dalam Android Studio

Menambahkan string ke ekstra intent aktivitas utama

Implementasi ke dalam Android Studio

Impplementasi ke dalam Android Studio

Memodifikasi aktivitas kedua untuk mendapatkan ekstra dan menampilkan pesan

Implementasi ke dalam Android Studio

TASK 4: Mengembalikan data ke aktivitas utama

Sekarang karena Anda telah memiliki aplikasi yang meluncurkan aktivitas baru dan mengirimkan data ke aplikasi, langkah terakhir adalah mengembalikan data ke aktivitas utama. Anda juga akan menggunakan intent dan ekstra intent untuk tugas ini.

Menambahkan EditText dan Tombol ke layout aktivitas kedua

Implementasi ke dalam Android Studio

 

Membuat intent respons dalam aktivitas kedua

Menambahkan TextViews ke layout aktivitas utama untuk menampilkan balasan

 

Implementasi ke Dalam Android Studio

Mendapatkan balasan dari ekstra intent dan menampilkannya


Implementasi ke dalam Android Studio

Hasil Running

 

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes